Tipe – tipe properti syariah Bandung

properti syariah bandung

Tipe properti syariah di Bandung yang dimaksud dalam artikel kali ini bukan tipe rumahnya, tetapi lebih ke jenis perumahannya yang menyebabkan kenapa bisa disebut perumahan syariah. Karena ternyata tidak semua perumahan syariah menerapkan sistem dan skema yang sama. Walaupun semuanya sama – sama menerapkan prinsip tanpa riba, akad bathil, gharar dan unsur lainnya yang menimbulkan keharaman.

Pembagian tipe – tipe ini berdasarkan pengamantan kami selama ini yang sudah sekitar 4 tahun memasarkan properti syariah khususnya di Bandung. Kami membagi properti syariah kedalam 2 bagian yang membedakan mengapa properti atau perumahan tersebut disebut properti syariah. Pertama, suatu perumahan disebut perumahan syariah karena proses jual-belinya. Kedua, ada perumahan yang disebut syariah karena tidak hanya jual-beli tetapi hingga ke lingkungannya. Nah, biar gak pusing, yuk langsung aja simak dibawah ini.

Syariah karena jual belinya

Ini memang alasan utama mengapa sebuah perumahan atau properti itu disebut properti syariah atau perumahan syariah, ya karena proses transaksinya sesuai syariah islam. Didalam transaksi jual-belinya sangat dihindari yang namanya riba, gharar, akad bathil, dan unsur lainnya yang menimbulkan keharaman dalam sebuah mu’amalah. Maka dari itu, setelah kami amati ternyata ada 3 tipe perumahan syariah di bandung atau properti syariah bandung (walaupun mungkin bukan cuma di Bandung sih) yang menawarkan perumahan syariah dengan skema transaksi berbeda – beda ;

TIPE “CASH – CASH AN”

Sesuai namanya, jadi pihak developer biasanya menjual unit rumahnya secara cash (tidak dibuka skema kredit). Biasanya developer properti syariah di Bandung yang menerapkan sistem cash – cash an ini adalah developer yang relatif baru dan projectnya masih kecil. Biasanya berupa cluster dengan jumlah unit tidak lebih dari 20 unit. Penyebab yang biasa kita temukan adalah lebih ke permodalan. Dikarenakan permodalan dari developer yang belum terlalu besar dan kuat, juga disisi lain tidak bisa meminta permodalan kepada pihak perbankan. Sehingga developer belum bisa membuka skema kredit panjang untuk konsumennya.

Menjual secara cash adalah cara paling mudah dan aman bagi developer properti syariah jika dalam proses bisnisnya tidak ingin terjerat riba dan unsur keharaman lainnya. Karena unsur – unsur keharaman seperti riba, akad bathil, gharar, dsb itu lebih banyak muncul kalau transaksinya kredit / utang piutang. Walaupun demikian, ternyata banyak juga lho warga Bandung yang tidak ingin terjerat riba dalam transaksi rumahnya dan punya dana yang cukup untuk membeli rumah secara cash.

TIPE KREDIT JANGKA PENDEK

Developer yang sudah mampu mengakomodir konsumen dengan kredit jangka pendek seperti ini sudah mulai banyak di Bandung. Kredit jangka pendek disini biasanya berarti kredit yang diterapkan tidak lebih dari 1 tahun. Dengan tetap berpegang teguh kepada prinsip mu’amalah syariah. Permodalan yang mulai menguat menjadi alasan developer properti syariah tipe ini mampu memberi “nafas” kepada konsumen untuk memberikan kredit walaupu tidak terlalu lama.

Jenis perumahan yang dikembangkan oleh developer pada level ini biasanya hampir sama dengan sebelumnya, yaitu cluster dengan jumlah unit hingga puluhan.

TIPE CICILAN PANJANG

Seperti KPR bank, developer tipe ini mampu memberikan kredit kepada konsumennya hingga bertahun – tahun. Tetapi berbeda dengan KPR bank, akad yang diterapkan sudah pasti sesuai mu’amalah syariah Islam. Sejauh pengamatan kami, developer properti syariah Bandung sudah ada yang mampu mengcover kredit hingga 15 tahun. Faktor utamanya sudah tentu karena modal mereka kuat. Dan biasanya jumlah proyek perumahan syariah yang dikembangkannya sudah lebih dari 2 – 3 perumahan syariah. Selain itu, level proyeknya sudah skala kawasan bukan cluster lagi. Lahan yang dikembangkan untuk satu perumahan syariah biasanya berhektar – hektar, dengan ratusan unit rumah yang dijual dan fasilitas umum yang dibangun didalam kawasan perumahan syariahnya.

Developer properti syariah Bandung yang berada pada level ini sudah ada beberapa, diantaranya Sharia Greeen Land, Aulia Java Land, Royal Orchid Syariah dan Royal Bridea Indonesia.

Syariah hingga ke tatanan lingkungan yang diciptakannya

Sebuah perumahan akan disebut perumahan syariah atau properti syariah, selain karena proses jual-belinya menggunakan prinsip – prinsip syariah, bisa juga karena lingkungannya dibuat lebih Islami. Developer properti syariah yang mampu melaksanakan ini biasanya developer yang sudah besar dan mengembangkan propertinya dalam skala kawasan.

Penerapan sistem syariah hingga ke tatanan kehidupan didalam perumahan seperti ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi konsumen. Karena tidak sedikit konsumen yang berkonsultasi kepada kami, dalam mencari rumah yang mereka cari adalah lingkungannya. Siapa tetangga disebelahnya, bagaimana fasilitas umum yang ada didekatnya, bagaimana kultur interaksi antar manusianya, dan lain sebagainya.

Bahkan ada salah satu perumahan syariah yang besar dan sudah mulai dihuni oleh para konsumennya, kami temui anak – anak perempuan disana semuanya tidak pernah lepas hijab mereka ketika bermain. Sampai kesana penerapan syariah islamnya lho, dan kondisi tersebut bukan dipaksa sama orangtuanya, melainkan karena mereka melihat sesama temannya. Semua ini memang kembali kepada kebijakan developer. Ada yang hanya menerima konsumen muslim saja, ada juga developer yang menerima konsumen non-muslim dengan catatan konsumen tersebut mau ikut aturan Islam dalam hal kehidupan bersosialnya, bukan dalam urusan agamanya.

Jika Anda memang sedang mencari hunian, tidak ada salahnya untuk mempelajari dan memahami ini semua. Agar Anda tidak salah pilih dalam membeli rumah syariah idaman Anda.

_____

Demikian kondisi properti syariah Bandung yang bisa kami gambarkan. Semoga ini menjadi manfaat dan tambahan informasi bagi Anda yang sedang mencari perumahan syariah khususnya di Bandung.

Ingat, mencari rumah idaman adalah sebuah perjalanan, dalam perjalanan Anda butuh teman.
ShariaMates adalah teman Anda berpetualang mencari rumah syariah idaman