Perbedaan KPR konvensional dan KPR syariah tanpa bank, dari segi perhitungan biaya


Tonton videonya langsung di YOUTUBE

KPR Syariah merupakan sebuah sistem kredit kepemilikan rumah yang mulai ramai beberapa tahun belakangan ini. Tidak dipungkiri, hijrah disruption menjadi salah satu penyebabnya, muslim di Indonesia semakin banyak yang aware terhadap RIBA dan mulai mengerti mengapa riba itu harus ditinggalkan.

Salah satu sumber transaksi ribawi adalah dalam transaksi jual – beli properti, terlebih jika pembelian properti atau rumahnya tersebut dilakukan secara kredit. Karena riba adalah kelebihan dalam hutang piutang. Maka para pelaku atau developer properti banyak yang menawarkan skema kredit atau KPR syariah tanpa bank. Kenapa KPR Syariah? Karena sistem ini mengadaptasi sistem jual-beli syariah yang bebas dari RIBA (ini yang dihindari).

Kenapa harus bebas dari RIBA?

“Orang-orang yang Makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), Maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. orang yang kembali (mengambil riba), Maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya”

(QS. Al-Baqarah: 275)

Sekarang, bagaimana perbandingan antara KPR syariah tanpa bank dengan KPR konvensional dalam urusan perhitungannya? Apakah lebih untung atau lebih merugikan?
Katanya justru skema syariah itu lebih mahal? Benarkah?
Silahkan tonton video diatas dan buktikan sendiri.

Jika Anda hendak mencari atau memilih perumahan syariah di Bandung, tidak ada salahnya baca dulu artikel ini :
DAFTAR PERUMAHAN SYARIAH DI BANDUNG YANG AMAN DAN TERPERCAYA versi PejuangRumahSyariah.com