Kejuaraan Dunia Beregu Junior- Indonesia ke Perempatfinal

Tim bulutangkis Indonesia lolos ke perempatfinal Kejuaraan Dunia Beregu Campuran Junior 2023. Garuda Muda mengatasi Estonia dengan kemenangan telak 5-0.

Dalam pertandingan di The Podium Arena, Spokane, Washington, Amerika Serikat, Rabu (27/9/2023) siang waktu setempat, tim Merah-Putih muda memang tampil solid. Indonesia tak kehilangan satu partai pun atas Estonia.

Baca juga: Kejuaraan Dunia Beregu Junior: Indonesia Belum Terkalahkan

Hasil ini pun menyempurnakan performa tim Indonesia di Grup E, setelah sebelumnya juga menang 5-0 atas Georgia, Portugal, dan Armenia. Partai melawan Estonia ini juga menjadi penentu siapa yang bakal menjadi juara grup.

“Saya lihat semua pemain bisa tampil baik, meski ada beberapa faktor di awal-awal seperti cuaca yang dingin yang membuat pemain sempat tidak berkembang. Tetapi secara umum saya lihat, saat diturunkan bertanding, pemain tidak merasa tegang dan secara mental semua cukup kuat,” kata Armand dalam keterangan tertulis yang disampaikan PBSI.

Dalam laga lawan Estonia, rotasi kembali dilakukan di tim Merah-Putih. Formasi pemain yang dimainkan di tunggal putra dan putri berbeda. Kali ini Bodi Ratana Tedja Gotama dan Thalita Ramadhani Wiryawan yang dipilih turun bertanding.

Baca juga: Siap Rebut Emas! Ini Daftar Pebulutangkis RI Nomor Beregu Asian Games

Hasilnya juga positif. Bodi tampil apik dan menang atas Andrei Schmidt dengan skor 21-12, 21-12 dalam durasi 25 menit. Sementara Thalita hanya perlu waktu 17 menit untuk mengungguli Emili Parsim dengan 21-5, 21-5.

“Alhamdulillah bisa menyumbang poin dan memenangkan pertandingan tadi. Rasanya senang dan tak menyangka kalau bakal diturunkan di beregu. Tadi saya cukup bermain tenang, pukulan bisa masuk dulu dan tidak gampang mati sendiri saja,” ujar Thalita, pemain tunggal putri.

Dengan kemenangan tersebut, Indonesia akan bertemu Prancis di kejuaraan yang memperebutkan Piala Suhandinata ini. Babak delapan besar dengan sistem gugur ini dimainkan pada Kamis (28/9) pagi pukul 09.00 waktu setempat, atau Kamis malam pukul 20.00 WIB.

Apabila bisa melewati Prancis, Indonesia di semifinal siap bertemu pemenang laga antara Thailand atau Taiwan.

Baca juga: Vito dan Gregoria Jadi Kapten Tim Indonesia: Kawinkan Emas Beregu Yuk!

Hasil Pertandingan Indonesia vs Estonia:

Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu vs Hugo Themas/Elisaveta Berik, 21-13, 21-12.
Bodi Ratana Tedja Gotama vs Andrei Schmidt, 21-12, 21-12.
Thalita Ramadhani Wiryawan vs Emili Parsim, 21-5, 21-5.
Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin vs Andrei Schmidt/Hugo Themas, 21-15, 21-8.
Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani vs Elisaveta Berik/Emili Parsim, 21-8, 21-7.