Pulang Bawa Emas, Kapten Timnas Hoki Minta ini ke Kemenpora

Timnas hoki indoor Indonesia sukses membawa pulang medali emas SEA Games 2023 ke Tanah Air. Sang kapten Prima Rinaldi Santoso meminta ini kepada Kemenpora.

Timnas hoki indoor tampil trengginas melawan Malaysia pada final SEA Games 2023 Kamboja yang berlangsung pada Minggu (7/5/2023). Sempat tertinggal telak 0-3 dari tim Negeri Jiran, hoki Indonesia mampu menyamakan kedudukan pada lima menit terakhir menjadi 3-3.

Prima Rinaldi dkk akhirnya membawa Indonesia kepada kemenangan lewat adu penalti dengan skor 2-1. Torehan itu membuat hoki Indonesia berhak atas medali emas, yang juga menjadi medali emas ke-14 bagi Indonesia di multievent terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Kini, timnas hoki telah kembali ke Tanah Air pada Senin (8/5). Kedatangan mereka disambut oleh perwakilan Kemenpora, Komite Olimpiade, serta Pengurus Cabor di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Usai menerima penyambutan, Prima mengaku senang dengan kemenangan yang diperoleh ia dan rekan-rekannya. Medali emas tersebut baginya sebagai bukti kepada pemerintah bahwa Timnas hoki Indonesia juga bisa berprestasi. Terlebih, lawan yang dihadapi pada partai final merupakan juara bertahan di SEA Games 2017 dan 2019.

“Kami membuktikan kepada pemerintah bahwa kami juga bisa bersaing untuk prestasi. Sebab, selama ini hoki masih kurang dilirik oleh pemerintah, dengan adanya kita mendapat medali emas, saya harap pemerintah bisa support terus untuk ke depannya, di event-event selanjutnya,” kata Prima kepada pewarta.

Bukan tanpa alasan Prima mengatakan demikian. Hoki sempat tidak ada prestasi dalam dua edisi terakhir. Bahkan, pada SEA Games 2019 Manila, mereka dilarang bertanding karena ada konflik dualisme kepengurusan. antara Pengurus Besar Hoki Seluruh Indonesia (PB PHSI) dan Pengurus Pusat Federasi Hoki Internasional (PP FHI).

“Tapi sekarang sudah clear dan aman. Kira bisa bermain di mana pun kita mau,” ujarnya.

Baca juga: Klasemen Sementara Medali SEA Games 2023: Indonesia Urutan Empat

Setelah SEA Games, Timnas hoki indoor Indonesia direncanakan tampil di Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) di Thailand, pada 17-26 November mendatang. “Insya Allah kalau memang diberikan kesempatan dan disupport oleh kemenpora, saya harap kita bisa ikut AIMAG di Thailand. Itu ajangnya kemungkinan di akhir tahun,” kata Prima.

“Saya harap juga kita bisa beruji coba juga ke Eropa, karena itu sangat penting bisa ke sana, meningkatkan skill dan kemampuan, serta mental kita sebelum tampil di AIMAG,” lanjutnya.

Sementara itu, Wasekjen KOI Wijaya Noeradi berterima kasih atas kegigihan hoki indoor Indonesia dalam membuktikan diri dengan prestasi.

“Tak lupa kepada Kemenpora yang merestui keberangkatan hoki karena sudah sejak lama hoki tak ikut kejuaraan. Ini keberanian pemerintah untuk itu. Masalah hasil yang penting saya percaya kalian sudah kasih yang terbaik,” kata Wijaya.

Hal serupa diungkapkan Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kemenpora Dwijayanto Sarosa Putera, yang ikut hadir menyambut Timnas hoki.

“Kami menyampaikan permohonan maaf dari Menpora Dito Ariotedjo karena beliau tak dapat hadir karena ada kegiatan yang bersamaan di Solo. Namun, beliau memberikan salam hormat dan permohonan maafnya,” katanya.

“Kami dari Kemenpora mengucapkan selama datang kembali ke tanah air dan Alhamdullilah setelah melewati perjuangan baik hoki dan basket, alhamdullilah khusus hoki bisa bawa pulang emas putra dan putri medali perunggu,” ujarnya.

“Ini semua karena kegigihan dan semangat juang dari para atlet untuk bangsa dan negara demi perolehan prestasi di Kamboja. Semoga ke depannya menjadi tonggak awal untuk lebih baik lagi. Tetap berlatih dan semangat,” ucapnya.

Baca juga: Kalahkan Kamboja, Voli Putra Indonesia Sabet Medali Emas SEA Games 2023